Keterlaluan..! Warga Negara Asing Ikut-Ikutan Demo KNPB di Jayapura

Aksi demo kelompok anti pembangunan di Papua (KNPB) Rabu (15/6) rupanya telah disusupi berbagai pihak diantaranya warga negara asing (WNA) yang sempat terlihat di lokasi demo berlangsung, Abepura.

WNA tersebut telah  berhasil diamankan pihak Kepolisian Resor Kota (Polresta) Jayapura dan dimintai keterangannya akibat keterlibatannya dalam aksi demo yang dilakukan oleh KNPB.

Humas Polda Papua, Kombes Pol Patrige Renwarin, SH mengatakan WNA tersebut bernama Andreu Arino I Prats, berkewarganegaraan Spanyol, 28 tahun dan merupakan mahasiswa di Fisica University of Barcelona.

“Hari ini kami mengamankan seorang WNA atas nama Andreu Arino I Prats, berkewarganegaraan Spanyol, 28 tahun,” katanya.

Patrige menjelaskan bahwa Andreu masuk ke Indonesia melalui Malaysia menggunakan kapal laut menuju Tarakan, Kalimantan Timur sekitar 2,5 bulan yang lalu.

Tujuan Andreu di Jayapura menurut hasil penyelidikan adalah untuk berwisata  dan dia sudah berada di Jayapura selama dua hari. Selama di Jayapura dirinya tinggal di rumah saudara George Setiawan yang dikenalnya dari sosial media.

Disinggung mengenai surat-surat atau dokumen yang bersangkutan, Patrige mengatakan dokumen perjalanannya masih ada di kantor Konsulat PNG sebagai syarat pembuatan Visa untuk masuk ke PNG.

“Menurut pengakuannya, dokumen perjalanannya masih berada di Konsulat PNG untuk mengurus Visa,” kata Patrige.

Mengenai keterlibatannya dalam demo KNPB hari ini, Patrige belum bisa mengambil kesimpulan karena masih menunggu penyelidikan lebih lanjut.

“Kami masih menyelidiki sejauh mana keterlibatannya dalam demo tersebut, katanya.

Patrige, berharap agar masyarakat Papua dapat bekerja sama dalam hal pengawasan terkait dengan mulai adanya penyusupan yang terjadi pada kelompok organisasi masyarakat di Papua.
“Saya berharap masyarakat dapat membantu kami dalam hal pengawasan dan pelaporan tentang adanya orang asing di Papua,” harapnya. (Red,Ki)

Sumber : papuanews.id